pantau level baterai dengan aplikasi

Merepotkan memang, sedang asik ngobrol di ponsel, tiba – tiba putus karena baterai habis tanpa ada pemberitahuan? sebenarnya, hal ini tak perlu terjadi jika anda sigap dan tahu saat – saat terakhir baterai akan mati. pasalnya, di beberapa ponsel ada yang telah disuntikan profile khusus yang bisa menginformasikan kalau – kalau baterai akan habis.

Biasanya ditandai dengan nada ‘bip’ Nah, bagaimana untuk ponsel yang tak memiliki profile ini? Tenang, ada beberapa tools yang sebenarnya bisa dimanfaatkan. Anda bisa mencoba satu aplikasi terbaru yaitu : Battery Manager.

Aplikasi garapan KloNom (Klonom@mail.com) ini memiliki fungsi utama sebagai pengontrol sekaligus pemantau aktifitas baterai ponsel. Battery Manager bisa membaca tingkat kekuatan terakhir sumber power ini, dan menginformasikannya ke pemilik ponsel untuk segera melakukan isi ulang, mematikan Bluetooth atau merubah setingan profile ponsel.

Menariknya, Anda bisa menggonta-ganti nada peringatan sesuai keinginan. Asik kan? Battery Manager kompatibel untuk ponsel Symbian versi 2 ke atas dan sifatnya gratisan (Freeware). Untuk mengoperasikannya dengan maksimal dibutuhkan pula bebrapa tools tambahan, berikut ini proses pengoperasiannya:

Langkah 1 Download aplikasi  Battery Manager. Setelah diekstrak, Anda akan mendapatkan 3 buah file, yakni :
  • xprofile_3rd_110_unsigned.SIS
  • blues_3rd_1_0_0_unsigned.SIS
  • BatteryManager_v1_0_0_unsigned.sis
Setelah itu download program Python,

Langkah 2
pertama – tama Intall file Pyton kemudia install ketiga di atas secara Berurut ke memori ponsel bukan kartu memori.

Langkah 3
Setelah terinstal, Anda sudah bisa mengatur profile Battery Manager. Contohnya untuk "battery saving mode’. Caranya, jalankan aplikasi Battery Manager. Pilih Option > setting > Profile action Di sini, Anda bisa memilih level bar baterai yang nantinya akan memberikan ‘alert’ khusus, jika indikator baterainya sampai di posisi tersebut. di menu selanjutnya, ubah profile ke modus Offline, lakukan cara yang sama untuk Bluetooth.

Langkah 4
untuk mengaktifkan pengaturan ini, pilih Option > Start, dan atur supaya beroperasi secara tersembunyi alias backgroud standny ponsel.

Langkah 5
Anda yang ingin mempersonalisasikan nada pengingat, bisa menggonta-gantinya dengan nada lain, Hanya, format dan nama file nada favorit harus diganti dengan aslinya, yaitu alert.wav. cukup masuk ke folder c:\Battery-Manager\alert.wav.

selain aplikasi di atas, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi lain dengan fungsi yang tak jauh beda, yakni, NetAlarm.

Aplikasi yang juga gratisan ini, bisa mengaktifkan alarm jika tak ada sinyal operator, sebelum baterai habis dan mengunci ponsel secara otomatis. Alarm ini bisa menggunakan suara dan juga getar/vibrator sekaligus.

Untuk mendapatkan aplikasi berbasi symbian versi 2 ke atas ini, anda bisa mengunjungi http:://gallery.mobile9.com/, kemudian isi short code : 65248

0 Response to "pantau level baterai dengan aplikasi"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme