Cara Membuka PDF yang Sizenya besar di Ponsel Os Terbuka

Mungkin anda bertanya, apa bisa membuka file pdf di ponsel yang file size besar¸ anda tidak perlu kawatir di postingan saya yang satu ini. Anda akan menemukan solusinya.

Ponsel bersistem operasi terbuka semisal Symbian dan Windows Mobile lebih banyak lagi aplikasi yang tersedia. Bahkan Adobe sendiri menyediakannya secara gratis.

Aplikasi lainnya adalah PDF+. Yang ini khusus untuk Symbian 3rd edition termasuk untuk S60 dan UIQ. Biasanya, dibeberapa ponsel aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya.

Bagi pemilik PDA phone berbasis Windows tidak usah kuatir. Aplikasi Acrobat Reader pasti sudah disediakan.

Nah, jika PDF readernya sudah anda dapatkan, sekarang tinggal pikirkan bagaimana caranya  agar file PDF dibuat seringan mungkin. Tujuannya agar tidak memakan banyak memori ponsel.



Caranya mudah, Asal anda menggunakan software Adobe Acrobar Professional. Proses pengecilan file ini dilakukan di PC Anda. Berikut step by stepnya :

  • Aktifkan Adobe Acrobat Professional, Kemudian buka file PDF yang sudah anda download.
  • Masuk ke menu “file” kemudian pilih “Reduce File Size”.

  • Berikutnya Anda akan diberi pilihan untuk menentukan versi Acrobat yang diinginkan. Lebih amannya pilih yang paling rendah. 
  • Setelah selesai, simpan pekerjaan anda dengan nama yg bebeda.                                          
Hasil pengecilan file ini cukup signifikan, dari total 51,4 MB file asli yang didownload, jadi hanya 8, 49 MB saja. Sekarang giliran anda yang mencoba ?.

0 Response to "Cara Membuka PDF yang Sizenya besar di Ponsel Os Terbuka"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme